Tutorial: Surat Permohonan Dispensasi Tiket

Pengertian Surat Permohonan Dispensasi Tiket



Surat permohonan dispensasi tiket adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk meminta pengurangan atau penghapusan denda atas pelanggaran yang dilakukan terhadap aturan transportasi. Surat ini biasanya digunakan saat seseorang terlambat membayar tiket atau melakukan pelanggaran lainnya seperti membawa barang terlarang.


Cara Membuat Surat Permohonan Dispensasi Tiket



1. Tentukan alamat penerima surat
Pertama-tama, tentukan alamat penerima surat. Pastikan alamat yang dituliskan benar dan lengkap.
2. Tuliskan identitas lengkap
Selanjutnya, tuliskan identitas lengkap seperti nama, alamat, nomor telepon, dan nomor identitas.
3. Tuliskan keterangan pelanggaran
Kemudian, tuliskan keterangan pelanggaran yang dilakukan. Jelaskan dengan jelas dan lengkap mengenai pelanggaran yang telah dilakukan.
4. Sampaikan permohonan dispensasi
Setelah itu, sampaikan permohonan dispensasi. Jangan lupa untuk menyebutkan alasan mengapa Anda membutuhkan dispensasi tiket tersebut.
5. Sertakan bukti yang mendukung
Untuk memperkuat permohonan, sertakan bukti yang mendukung seperti bukti pembayaran, bukti kecelakaan, atau bukti lainnya.
6. Sampaikan ucapan terima kasih
Terakhir, sampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang diberikan.


Contoh Surat Permohonan Dispensasi Tiket



Berikut ini adalah contoh surat permohonan dispensasi tiket:
Kepada Yth.
Kepala Stasiun Kereta Api Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan No.3-5, Gambir, Jakarta Pusat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, bernama Ahmad Rizaldi, dengan nomor identitas 3174012909100002 dan alamat Jl. Kemanggisan Raya No. 17, Jakarta Barat, mengajukan permohonan dispensasi tiket atas pelanggaran yang telah saya lakukan.
Pada tanggal 24 Agustus 2023, saya melakukan perjalanan menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Surabaya. Saat itu, saya terlambat membayar tiket kereta api karena terkendala masalah finansial. Oleh karena itu, saya memohon untuk diberikan dispensasi atas denda yang telah diterima.
Saya sertakan bukti pembayaran tiket kereta api yang telah saya lakukan pada tanggal 25 Agustus 2023. Saya berharap permohonan dispensasi tiket ini dapat diterima sehingga saya tidak perlu membayar denda yang seharusnya saya terima.
Demikian permohonan ini dibuat dengan sebenarnya dan saya ucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan.
Hormat saya,
Ahmad Rizaldi


Kesimpulan



Surat permohonan dispensasi tiket dapat digunakan sebagai cara untuk meminta pengurangan atau penghapusan denda atas pelanggaran yang dilakukan terhadap aturan transportasi. Dalam membuat surat ini, penting untuk menyertakan identitas lengkap, keterangan pelanggaran, permohonan dispensasi, bukti yang mendukung, dan ucapan terima kasih. Dengan demikian, diharapkan permohonan kita dapat diterima dan denda yang harus dibayarkan dapat dikurangi atau dihapus.

close