Surat Pernyataan Tidak Berpenghasilan

Pendahuluan



Surat pernyataan tidak berpenghasilan merupakan dokumen yang diperlukan untuk beberapa keperluan seperti melamar beasiswa, mengajukan KPR, dan sebagainya. Dokumen ini berisi pernyataan bahwa seseorang tidak memiliki penghasilan tetap yang diterima setiap bulannya. Bagi yang belum pernah membuatnya, berikut ini adalah panduan membuat surat pernyataan tidak berpenghasilan.


Persyaratan



Untuk membuat surat pernyataan tidak berpenghasilan, dibutuhkan beberapa persyaratan seperti fotokopi KTP, surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, serta fotokopi slip gaji atau rekening tabungan. Pastikan juga persyaratan yang diminta oleh pihak yang membutuhkan surat pernyataan tidak berpenghasilan.


Isi Surat



Isi surat pernyataan tidak berpenghasilan sebenarnya sederhana. Pada intinya, surat tersebut berisi pernyataan bahwa yang bersangkutan tidak memiliki penghasilan tetap yang diterima setiap bulannya. Selain itu, perlu dicantumkan juga bahwa sumber penghasilan berasal dari penghasilan tidak tetap seperti honor, hadiah, dan sebagainya.


Contoh Surat



Berikut ini adalah contoh surat pernyataan tidak berpenghasilan:
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama: (isi nama lengkap)
Alamat: (isi alamat lengkap)
No. KTP: (isi nomor KTP)
Dengan ini menyatakan bahwa saya tidak memiliki penghasilan tetap yang diterima setiap bulannya. Sumber penghasilan saya berasal dari penghasilan tidak tetap seperti honor, hadiah, dan sebagainya.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.
Surat pernyataan tidak berpenghasilan ini dibuat untuk keperluan:
(isi keperluan surat)
Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
(isi tempat dan tanggal)
(isi nama lengkap dan tanda tangan)


Pengakhiran



Itulah panduan membuat surat pernyataan tidak berpenghasilan yang dapat dijadikan sebagai referensi. Pastikan untuk mengisi surat pernyataan dengan benar dan jujur agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

close